Fungsi Mesin Kasir Berdasarkan Tipe Masing Masing

Mesin Kasir adalah alat elektronik yang memiliki beberapa fungsi dan manfaat. selain untuk retail, Mesin Kasir bisa di gunakan pada bidang industri , koperasi perdagangan, Apotek, restoran, toko kelontong, rental penyewaan barang maupun warung kopi pun bisa di jadikan salah satu master modernisasi dagang yang menggunakan mesin kasir.

Fungsi mesin kasir pada umumnya adalah sebagai sarana untuk menghindari kecurangan karyawan, untuk membantu kita dalam perhitungan pemasukan, pencatatan transaksi dan perhitungan keuangan bisnis kita.

Adapun beberapa fungsi dan manfaat mesin kasir(Cash Register) dapat digunakan untuk mencatat komponen pajak dalam penjualan, record data hasil laporan akhir, laporan laba rugi yang stabil. optimalisasi pengolahan data dan cepat dalam pemrosesan transaksi. hemat waktu dan relevan dalam bertransaksi. Untuk saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa di sambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, pembaca kartu kredit atau kartu debit dan perkembangannya saat ini mengarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register/ Point Of Sale POS) Keuntungan pemakaian Mesin Kasir (Cash Register) hanyalah karena bentuknya yang compact, selain dari sisi ekonomis harga juga terjangkau.

Beberapa fungsi lainnya dari mesin kasir/ cash register juga digunakan untuk mencatatkan komponen pajak dalam penjualan.Saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa disambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, juga pembaca kartu kredit atau kartu debit.dan perkembangannya saat ini menagarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register / Point of Sale POS)
Mesin kasir yang berbasiskan komputer biasanya juga dilengkapi dengan software/ piranti lunak baik yang berbasiskan sistem operasi DOS,Windows, Linux maupun Unix dimana data tersimpan dalam database baik di mesin kasir tersebut maupun di server induknya. dan umumnya banyak Mesin kasir yang berbasiskan komputer ini memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN)
Keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman.

Kami akan membagi juga Mesin Kasir berdasarkan kegunaan pada jenis usahanya.

1. Mesin Kasir untuk Depot, Restoran, Cafe, Rumah Makan :

– Mesin Kasir Sharp XE A 207

– Mesin Kasir Sharp XE A 217 | mirip A 207 tapi ada tambahan pending bill dan tombol waterproof

– Mesin Kasir Sharp UP 810  | untuk Restoran berskala Besar

2. Mesin Kasir untuk Open counter, mini cafe, toko makanan skala kecil, dan sebagainya :

– Mesin Kasir Sharp XE A 147

3. Mesin Kasir untuk Toko, Minimarket, dan Jenis Usaha Lainnya

– Mesin Kasir Sharp XE A 280

– Mesin Kasir Sharp UP 810 F

– Mesin Kasir Sharp UP V 5500 | Point of Sale