Mengenal Cara Kerja Mesin Kasir

Hampir semua bisnis ataupun usaha membutuhklan perhitungan yang matang dan mengandalkan atau memakai mesin kasir atau cash register, tidak hanya pada usaha ritel, tapi pada usaha atau bisnis pelayanan seperti salon, bengkel, hotel pun membutuhkannya.
4
Mesin Kasir ada yang berbasis Electronic Cash Register maupun Point Of Sales (POS System)
Mesin Kasir berbasisCash Registeradalah sebuah piranti elektris atau mekanikal yang dipergunakan untuk menghitung atau merekam transaksi penjualan, dan jika dilengkapi oleh cash drawer maka berfungsi pula untuk menyimpan alat pembayaran. Mesin kasir biasanya juga secara otomatis mengeluarkan tanda terima berupa kwitansi atau struk nota.
Sedangkan mesin kasir yang berbasis Point Of Sales (POS System) adalah sebuah sistem yang memungkinkan diadakannya proses transaksi. Point of Sales ( PoS ) memiliki pengertian sebagai hardware atau software yang digunakan untuk transaksi. Tidak itu saja, sistem PoS modern dilengkapi dengan sistem pelaporan manajemen yang terintegrasi. Sistem PoS digunakan di supermarket, restoran, hotel dan tempat-tempat lain yang membuka jasa retail. Dalam lingkup yang luas, POS juga bisa berarti proses pelayanan transaksi dalam sebuah toko retail. Sistem POS melakukan lebih dari sekedar tugas transaksi jual beli, di dalamnya bisa terintegrasi juga perhitungan akuntansi, manajemen barang dan stock, modul penggajian karyawan, perhitungan hutang piutang dan berbagai macam fungsi lainnya. (Mew)